Resensi Terbaru

Rabu, 19 Februari 2014

Sutar Djohar's Reviews > Gatholoco: Rahasia Ilmu Sejati dan Asmaragama

Sastra jawa dengan berbagai SERAT menyimpan Rahasia hidup manusia, tak luput dari pandangan penulis buku ini, yang mengungkap secara gamblang, secara keseluruhan dimana rahasia ilmu sejati di beberkan dengan lugas, serta yang satu ini asmaragama(yang berarti tentang asmara).


Simbol Lelaki sejati dengan Filsafat Lingga dan Yoni, yang di kalangan umum nyaris hilang dari bumi pertiwi. Rahasia ajaran tentang asmara serta bagaimana ajian asmaragama yang dahsyat olah asmara, dan beberapa aji untuk memikat hati wanita serta memberikan kenikmatan kepadanya tanpa harus bersentuhan, serta sarana dan ramuan untuk meningkatkan kualitas hubungan badan dan metode spiritual untuk memperoleh keturunan sesuai yang diharapkan.

Penulis piawai dalam mengemas serta lugas menguraikan tahap demi tahap isi dari novel ini, apa dan bagaimana.

Teka-teki Gatholoco mengenai : wayang, dalang, blencong, dan kelir. Dari keempat itu manakah yang lebih tua ? perdebatan dimenangkan oleh Gatholoco. Ia menerangkan juga tentang hakikat : wayang, dalang, kelir, blencong dan gamelan. Ketiga guru mengaji itu akhirnya meninggalkan Gatholoco dan menuju Cepekan. 

Di Cepekan terdapat tiga orang guru mengaji, yaitu : Kasan Mustahal, Kasan Besari, dan Ki Duljalal. Mereka ini didatangi oleh ketiga ketiga orang guru mengaji yang kalah berdebat dengan Gatholoco. Mereka menceritakan tentang kekalahan dalam perdebatan. Gatholoco dicari dan diajaknya ke Pondok Cepekan untuk diajak berdebat tentang ilmu sejati. Perdebatan antara Gatholoco dengan ketiga orang guru mengaji di Pondok Cepekan berlanjut. Akhirnya dimenangkan oleh Gatholoco, karena mereka kalah (ketiga guru mengaji), maka diusirlah Gatholoco dari pondok tersebut. Pada mulanya Gatholoco tidak mau pergi kalau tidak diberi uang. Akhirnya, ia meninggalkan pondok tersebut untuk melanjutkan pengembaraannya.

Dalam Pupuh 3 dijabarkan
Dalang, wayang, kelir dan Blencong dijadikan teka-teki mana yang paling tua diantara dalang, wayang, kelir dan blencong(pelita) manakah yang paling tua ?? Yang paling tua adalah yang nanggap wayang, sebab dia yang mengatur, kapan waktunya, serta apa ceritanya.

Kisah ini sarat dengan nasihat tentang asal muasal hidup, bagaimana manusia mengenal sang Pencipta serta pemahaman masalah proses kehidupan spiritual dari awal manusia hingga akhir.

Pemaparan kisah di awali membahas manusia dan kehidupan, serta bagaimana menuangkan asamaragama. lambang cinta kasih antara wanita dan pria.

Dalam buku Wirid hidayat Jati, dijelaskan bagaimana hidup manusia, dari mana asal dan akan kembali, apa itu sukma(ruh) raga, dan siapa Itu GUSTI.

Buku ini istimewa dalam hal pengungkapan rahasia budaya jawa dengan segala kelebihannya, sesuai dengan judul buku wirid hidayat jati, buku pengarngnya keluarga Keraton Surakarta, yang mana buku tersebut dalam kurun waktu tertentu hanya boleh dibaca dan diajarkan dalam lingkungan kraton. Hingga suatu saat buku itu diterbitkan dan dapat dibaca oleh kalangan umum.

Sedikit mengenai buku ini menurut pemahaman saya, ada beberapa kata yang di transliterasi dari bahasa jawa ke bahasa Indonesia yang agaku kurang tepat sebab kadang bahasa Jawa tidak bisa diserap oleh bahasa Indonesia, karena artinya akan berubah.


Kekasih Puja jiwaku

Sekelumit kata menghantarkan tidur malammu, dan seuntaian kasih sayang menjadi lambaran tidur malammu beserta mimpi-mimpimu. Ku ingin setiap helaan nafasmu serta denyut nadimu, ada kasih yang selalu menyelimutimu, ada cinta yang selalu memancar untukmu.

Doaku untuk mu kepada Gusti, semoga engkau selalu disehatkan, diberi kekuatan serta diberkan limpahan rizky, serta sehat jasmani dan ruhani, serta selalu diberi ketenangan dalam menjalani hidup.

Kekasih
Tak banyak yang aku pinta, sebab aku tak layak meminta, karena aku hanya memberi.

sebuah kenyamanan, serta engkau berlabuh di pantai harapanmu


Pesan buku ini di : http://devibookstore.blogspot.com/2014/02/gatholoco-rahasia-ilmu-sejati-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

We will keep You Updated...
Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!
Subscribe via RSS Feed subscribe to feeds
Sponsors
Devi Online Book StoreKaravina.comPenerbit Dolphin
Tempat IklanTempat IklanTempat Iklan
Connect with Facebook
Todays Quote :
Love is the expansion of two natures in such a fashion that each includes the other, each is enriched by the other. #Felix Adler 1851-1933
Search
Thankyou